oleh

454 Sekolah dan Madrasah Kabupaten Alor Siap Sukses Asesmen Nasional Pada Bulan Oktober dan November 2021

ALORPINTAR.COM Pada Asesmen Nasional tahun 2021 baik gladi bersih Maupun pelaksanaannya dilakukan di wilayah yang Menurut ketentuan pemerintah pusat sudah boleh menerapkan PTM terbatas jadi bagi sekolah satuan pendidikan yang telah menerapkan badan sebatas bersiap-siap mengikuti AN 2021 tentu dengan protocol kesehatan yang ketat serta dengan komunikasi dan Silaturahmi Sosialisasi kepada orang tua peserta didik AN. sedangkan bagi satuan pendidikan di wilayah-wilayah yang lainnya Rencananya akan melaksanakan AN pada awal Tahun 2022 peserta AN dan cadangannya dipilih secara acak oleh Kemendikbud jadi yang memilih peserta AN termasuk cadangannya adalah Kemdikbud. Peserta yang telah terpilih mengikuti sesuai jadwal pelaksanaan untuk satuan pendidikannya.

Pada kasus-kasus tertentu peserta didik yang terpilih dapat digantikan oleh peserta cadangan jika 1. sedang tidak sehat atau atau bergejala Covid-19. 2. memiliki penyakit comorfit. Dan 3. tidak dapat melakukan perjalanan ke sekolah dengan aman. Selain itu peserta didik yang terpilih juga diharapkan mengikuti gladi bersih AN.

Jadwalnya untuk jenjang SMK paket C, SMA, SMP Paket B, SD dan paket A, simulasi untuk melaksanakan direncanakan Minggu ke-4 Agustus dan minggu pertama September tahun 2021. sedangkan gladi bersih untuk pelaksanaan ANBK SMK, SMA, Paket C, SMP dan Paket B dijadwalkan pada minggu kedua dan minggu ketiga September. Untuk pelaksanaan ANBK SMK, Paket C, dilaksanakan pada minggu ke 4 september dan ANBK SMA pada minggu ke 5 September serta SMP dan paket B pada minggu pertama bulan Oktober. Sedangkan simulasi untuk pelaksanaan ANBK SD dan paket A akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Oktober dan gladi bersih untuk pelaksanaan ANBK SD dan paket A akan dilaksanakan yang pada minggu ke empat oktober dan minggu pertama November. Pelaksanaan ANBK untuk SD dan Paket A akan dilaksanakan pada minggu kedua dan minggu ketiga November.

Pelaksanaan Asesmen Nasional di Kabupaten Alor dijelaakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Alor (Alberth N. Ouwpoly, S.Pd,.M.Si) bahwa peserta yang akan mengikuti AN 2021 terdiri dari 133 SMP/MTs, SMPTK dan 310 SD/MI dengan jumlah peserta yang tercatat dalam proses bioun SD/MI sejumlah 4011 peserta utama dan cadangan sebanyak 95 peserta. Sedangkan SMP/MTs SMPTK peserta utama sejumlah 4726 peserta dan 115 peserta cadangan.

Lebih lanjut Pak Abe panggilan akrab Kadis pendidikan Alor bahwa Persiapan sumber daya pelaksanaan AN itu sangat penting sekali, sehingga telah dilakukan koordinasi dengan pihak satuan pendidikan dan satuan pendidikan antara jenjang dalam pemanfaataan sumber daya (listrik, jaringan dan server), karena status pelaksanaan ANBK tahun 2021 dengan status pelaksanaan (Mandiri, Mandiri dan ditumpangi serta Menumpang) yang berbeda-beda, bahkan ada sebahagian sekolah/madrasah belum menetukan status pelaksanaan. 42 sekolah/madrasah berstatus Mandiri, 42 sekolah/madrasah berstatus Mandiri dan ditumpangi 344 sekolah/madrasah berstatus Menumpang serta 17 sekolah/madrasah berstatus belum ditentukan dan 2 sekolah/madrasah berstatus tidak menyelenggarakan. Lebih lanjut Kadis juga menyampaikan bahwa pada saat pelaksanaan nanti seluruh sekolah diindonesia akan menggunakan jaringan internet untuk pelaksanaan ANBK, maka dilakukuan koordinasi LPMP NTT agar moda pelasanaannya sebagian sebagian besar sekolah/madrasah di Kabupaten Alor menggunakan moda semionline serta kami telah berkoordinasi Dinas Pendidikan Provinsi NTT untuk mendapat VHD http://bit.ly/new_VHDANBK2021_FRESH untuk pelaksanaan simulasi pada tanggal 23 Agustus 2021 melalui laman https://anbk.kemdikbud.go.id/

Selamat bekerja semoga sukses nasional 2021 berjalan sukses. ingat yang paling penting bukan banyak siswa yang menjawab benar soal AKM dan bukan hasil survei karakter maupun lingkungan belajar yang baik, namun sejauh mana siswa-siswa bisa menyelesaikan persoalan kehidupan nyata sehari-hari Selamat mengikuti assessment Nasional.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

  1. Selamat Siang, Terimakasih informasinya.
    Untuk file VHD nya filenya 21, 55 GB pak. Bagaimna caranya kita unduh file sebesar itu? Apakah bisa sekolah penyelenggara AN mendapatkan softnya langsung dari Dinas Pendidikan Kab. Alor. Terimakasih.