oleh

6.645 TK/PAUD, SD, SMP Dan SMA Di Indonesia Ditetapkan Sebagai Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan II Tahun 2022

ALORPINTAR.COM Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.
Berikut tahapan-tahapan yang dilalui program Sekolah Penggerak:

Tahap 1
Hasil belajar: 3 tingkat di bawah level yang diharapkan Lingkungan belajar: perundungan menjadi norma Pembelajaran: secara rutin mengalami gangguan Refleksi diri dan pengimbasan: belum terjadi

Tahap 2
Hasil belajar: 1-2 tingkat di bawah level yang diharapkan
Lingkungan belajar: perundungan masih terjadi namun tidak menjadi norma
Pembelajaran: belum memperhatikan kebutuhan dan tingkat kemampuan murid
Refleksi diri dan pengimbasan: belum terjadi

Tahap 3
Hasil belajar: berada di level yang diharapkan
Lingkungan belajar: perundungan tidak terjadi Pembelajaran: sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa Refleksi diri dan pengimbasan: perencanaan program dan anggaran berbasis refleksi diri. Guru mulai melakukan refleksi dan perbaikan pembelajaran.

Tahap 4
Hasil belajar: berada di atas level yang diharapkan
Lingkungan belajar: aman, nyaman, inklusif dan menyenangkan
Pembelajaran: berpusat pada murid.
Refleksi diri dan pengimbasan: perencanaan program dan anggaran berbasis refleksi diri. Refleksi guru dan perbaikan pembelajaran terjadi. Guru dan kepala sekolah melakukan pengimbasan.

Dengan demikian Satuan Pendidikan 6.645 Satuan Pendidikan yang dinyatakan lolos dalam Program Sekolah Penggerak yang ditetapkan oleh Dirjen Pauddasmen Kendikbudristek adalah 1688 TK/PAUD, 3091 SD 1244 SMP dan 622 SMA di seluruh Indonesia.

Silahkan Unduh Surat Keputusan Dirjen Pauddikdasmen Kemdikbudristek tentang Penetapan Satuan Pendidikan dalam Program Sekolah Penggerak. Silahkan Unduh SK di bawah ini.

https://drive.google.com/file/d/1IBtAXkvWBu_Z-M0lT9z8ZNY-P2fIMbDW/view?usp=drivesdk

Semoga bermanfaat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 komentar