oleh

Menjadikan Pengalaman Sebagai Bekal Hidup

ALORPINTAR.COM Menjadikan Pengalaman Sebagai Bekal Hidup

Kehidupan manusia senantiasa dihiasi dengan berbagai ujian. Sedih dan bahagia dipergilirkan, senyum dan tawa datang dan pergi. Manusia diuji dengan kenikmatan agar bersyukur, dilatih dengan musibah agar bersabar. Sudah semestinya, syukur, sabar, ikhlas, dan tawakal menjadi modal mengarungi bahtera kehidupan.

Pengalaman adalah guru terbaik, dapat dimaknai bahwa pengalaman merupakan bekal yang sangat penting dalam hidup kita. Kejadian atau peristiwa yang telah terjadi dan kita alami pada masa lampau, kita jadikan sebagai pelajaran atau peringatan untuk menuju langkah perjalanan hidup berikutnya.

Dengan begitu, kita tidak mengulangi kesalahan yang sama dalam hidup kita pada masa depan dan jika itu merupakan hal buruk, kita tidak perlu menyesalinya. Kita cukup menjadikannya sebagai suatu pembelajaran agar kita menjadi lebih baik di masa depan.

Mengalami dapat menjadi pendidikan paling baik. Tanpa mengalami, seseorang tidak akan pernah banyak belajar. Allah berfirman,”…Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pelajaran)…” (QS Ali Imran: 140).

Sepanjang perjalanan kehidupan akan banyak hal yang ditemui. Setiap yang dialami hendaknya dijadikan pelajaran dan kenangan. Jika menemui kepedihan, kepedihan itu kita jadikan sebagai suluh semangat. Apabila kita menjumpai kebencian, kebencian itu kita jadikan sebagai pemantik keberanian.

Apabila kita merasakan kebahagiaan, kita jadikan kebahagian itu sebagai tabungan. Ketika kita sedih menghujam, kita ambil kebahagiaan di tabungan tadi untuk ditaruh pada jiwa agar luka tidak dalam dan menganga.

Itulah dinamika kehidupan manusia. Itulah sebabnya, kita belajar dari benci, pedih, kalah, menang, dan bahagia dan seterusnya sebagai guru pengalaman paling berharga. Melalui kekalahan, kita belajar tentang bangkit dari keterpurukan, menerima kekalahan, dan berdamai dengan kenyataan. Dari kemenangan, kita bisa belajar tentang proses meraihnya, menghargai siapa pun yang ikut serta terlibat.

Allah berfirman,”… Namun, boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS Al-Baqarah: 216).

Itulah sebabnya, kita harus yakin bahwa kemudahan akan selalu datang bersama kesulitan. Bersama usaha dan ikhtiar, selalu terdapat harapan. Ada waktu yang tepat untuk setiap kejadian karena Allah telah mendesain mana yang terbaik untuk makhluk ciptaan, termasuk semua insan.

Ketika kesulitan telah memuncak, jangan pernah dikuasai keputusasaan. Sediakan tempat besar untuk mengumpulkan kekuatan. Ketika bahagia terus bersama, perbanyaklah bersyukur dan jangan terlena hingga lupa.


Marilah Saudaraku. Hayo bangun, ambil air wudhu, terus salat tahajud!

Ini hari Jumat, hari yang penuh berkah dan ampunan. Maka, di samping membaca Alquran (khususnya Surah Al-Kahfi), yuk kita perbanyak istigfar, salawat, dan sedekah.

🕋Ya Allah, jadikanlah batinku lebih baik daripada lahirku dan jadikanlah anggota lahirku beramal salih.

TahajudCall

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 komentar

  1. Hello, did you know that there are 241,120 internet directories in the world.

    These websites are what drive traffic to YOUR business.

    Want more traffic? Want more Sales? We can help – today.

    Your website alorpintar.com is listed in only 19 of these directories.

    Get more traffic for your Global audience.

    Our automated system adds your website to all of the directories.

    You can find it here: getlisted.directory/alorpintar.com

    Act today, and we will expedite your listings and waive the processing charge!

  2. Convert alorpintar.com to an app with one click!

    80% of users browse websites from their phones.

    Have the App send out push notifications without any extra marketing costs!

    MakeMySiteMobile.com