oleh

Bertutur Kata  Baik Itu Menyenangkan Orang Lain Dan Sedekah

ALORPINTAR.COM – Di samping memberi contoh, Nabi Muhammad SAW pun memberi motivasi agar kita senantiasa berkata-kata baik. Di samping itu,  antara perkataan yang baik dan sedekah harta memiliki kesamaan, yailkni sama-sama menyenangkan orang lain.  Maka,  tidak heran Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tutur kata yang baik adalah sedekah.”(H.R.Bukhari).

 Abu Syuraih berkata kepada Nabi Muhammad  SAW, “Wahai Rasulullah, tunjukkanlah padaku suatu amalan yang dapat memasukkanku ke dalam surga.”

Nabi Muhammad SAW pun menjawab, “Di antara sebab mendapatkan ampunan Allah adalah menyebarkan salam dan bertutur kata yang baik.” (HR Thabrani).

Ketika Nabi Muhammmad SAW  diminta untuk mendoakan jelek kepada kaum musyrikin, beliau menjawab, “Sesungguhnya aku tidak diutus untuk melaknat (mendoakan kejelekan). Akan tetapi, aku diutus sebagai rahmat (kasih sayang alam semesta).”  (HR Muslim).

Di samping memberi contoh,  Nabi Muhammad SAW pun memberi motivasi agar kita senantiasa berkata-kata baik. Ternyata, antara perkataan baik dan sedekah harta itu memiliki kesamaan, yakni sama-sama menyenangkan orang lain.

Maka, tidak heran bahwa Rasulullah SAW bersabda  seperti berikut ini.

“Tutur kata yang baik adalah sedekah.” (HR Bukhari).

BAHKAN, perkataan yang baik itu akan melindungi pelakunya dari azab neraka, sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini.

“Selamatkanlah diri kalian dari siksa neraka walaupun hanya dengan separuh kurma. Jika kalian tidak mendapatkannya, maka cukup dengan bertutur kata yang baik.”  (HR Bukhari).

Perkataan yang baik juga merupakan salah satu sifat calon penghuni surga. Diriwayatkan dari ‘Ali R.A.  bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Di surga terdapat kamar-kamar yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar.”

Kemudian, seorang Arab Badui bertanya, “Kamar-kamar tersebut diperuntukkan bagi siapa, wahai Rasulullah?”

Beliau pun menjawab, “Kamar tersebut diperuntukkan bagi siapa saja yang tutur katanya baik, gemar memberikan makan (pada orang yang butuh), rajin berpuasa, dan rajin salat malam ketika manusia sedang terlelap tidur karena Allah.” (HR Turmudzi).

Semoga Allah  ridha menganugerahkan  kepada kita semua keselamatan dan rahmat, kesehatan dan kebahagiaan, umur panjang penuh berkah, rezeki halal, serta kemudahan mengarungi kehidupan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *