oleh

Keluarga Harmonis Pun Merupakan Nikmat Dari Allah Yang Wajib Disyukuri

ALORPINTAR.COM – Ada banyak nikmat yang Allah berikan kepada manusia sampai-sampai manusia tidak akan bisa menghitungnya.  Di antara  nikmat-nikmat tersebut adalah nikmat kesehatan, nikmat waktu senggang,  nikmat penglihatan, nikmat keluarga, nikmat makan dan minum, nikmat kesehatan akal, dan nikmat  keluarga yang harmonis. Semua nikmat tersebut wajib disyukuri.

Memang benar bahwa Allah telah banyak memberikan nikmat kepada semua hambanya. Akan tetapi, apakah kita sudah merenungkan semua nikmat pemberian dari Allah tersebut?

Perihal  banyak nikmat dari Allah  yang kita tidak bisa menghitungnya tersebut, termaktub dalam Alquran, sebagaimana firman-Nya di bawah ini.

“Wa in ta’uddụ ni’matallāhi lā tuḥṣụhā, innallāha lagafụrur raḥīm. “Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S.  An Nahl ayat  18).

Nikmat terbesar yang  juga dikaruniakan Allah  kepada kita adalah nikmat keluarga. Ayah, ibu, suami, istri,  dan anak merupakan orang-orang terdekat nan istimewa, teman bercengkerama, serta tempat berbagi suka dan duka.  

Namun sayang beribu sayang. Banyak orang mengabaikan karunia istimewa tersebut dengan berbagai macam alasan.

Alasan tersebut, misalnya,  kesibukan pekerjaan, keasyikan menjalani hobi atau pertemanan di dunia nyata maupun maya.  Alasan  paling parah, yaitu menerlantarkan keluarga akibat sibuk bermaksiat. Padahal, jika mau merenung,  akan disadari betapa berharganya karunia dari Allah  tadi.

Bukankah tidak sedikit orang yang merindukan kehadiran anak selama puluhan tahun, namun Allah belum mengaruniakannya? Apakah kita baru akan menyadari mahalnya nikmat keberadaan keluarga, hanya saat kehilangan mereka?

Nikmat kehangatan rumah tangga tersebut wajib kita syukuri.  Berikut beberapa contoh mensyukuri nikmat dari Allah.

Mengimani dan meyakini bahwa segala bentuk kenikmatan tadi  datangnya hanya dari Allah.

Memperbanyak ucapan alhamdulillah.

Mensyukuri nikmat Allah dengan perbuatan, yakni  kita taat menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

Anggapan  bahwa  bersyukur kepada Allah hanya perlu dilakukan pada saat mendapatkan anugerah atau nikmat  besar  adalah salah. Sebab,  seberapa pun besar dan  kecilnya  anugerah atau nikmat tersebut wajib kita syukuri. Semoga Allah senantiasa  ridha menganugerahkan  kepada kita semua:  keselamatan dan rahmat, kesehatan dan kebahagiaan, umur panjang penuh berkah, rezeki halal, serta kemudahan mengarungi kehidupan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *