oleh

Stop Ucapkan 4 Kalimat Ini, Jika Tidak Ingin Terlihat Kurang Cerdas

ALORPINTAR.COM – Kecerdasan merupakan sebuah kualitas yang selalu ingin ditonjolkan oleh siapa pun, meskipun mereka tidak akan mengatakannya secara langsung. Kualitas ini bisa memberi keuntungan bagi pemiliknya di semua aspek kehidupan, mulai dari karier ataupun kehidupan sosial.

Kecerdasan bisa ditunjukkan lewat ucapan yang dilontarkan sehari-hari. Namun, dilansir dari Entrepeneur, ada pula kalimat yang jika dilontarkan di depan publik justru akan membuat kamu terlihat kurang cerdas! Apa saja?

  1. Ini Tidak Adil!”

Semua orang tahu bahwa hidup tidak pernah adil. Mengatakannya secara terang-terangan hanya akan menunjukkan bahwa kamu berpikir bahwa hidup semestinya adil, yang mana hal ini akan membuat kamu terlihat tidak dewasa dan naif. Jika kamu ingin terlihat cerdas, kamu harus menggantinya dengan frasa yang berdasarkan fakta konstruktif dan tidak menyertakan interpretasimu di dalamnya.

Misalnya, dalam situasi di tempat kerja, kamu bisa berkata, “Saya tahu bahwa Anda telah memutuskan memberikan proyek yang saya incar itu kepada {nama rekan kerja). Namun, jika Anda tidak keberatan, saya ingin tahu alasan di balik keputusan itu sehingga saya tahu di bagian mana saya bisa meningkatkan kemampuan saya.”.

  1. Biasanya Juga Begini!”

Perubahan berbasis teknologi terjadi begitu cepat sehingga bahkan sistem yang berlaku 6 bulan lalu bisa menjadi usang di masa kini. Mengatakan bahwa kamu sudah terbiasa mengerjakan sesuatu dengan cara lama hanya membuatmu terdengar malas dan anti perubahan. Selain itu, perkataan semacam ini akan membuat orang lain bertanya-tanya mengenai alasan kamu tidak mencoba untuk mengembangkan kinerjamu dengan inisiatif sendiri.

  1. Ini Mungkin Ide yang Buruk, tapi….”

Ketika kamu mengatakan hal ini sebelum menyampaikan idemu, maka hal ini menunjukkan bahwa kamu tidak percaya diri sehingga otomatis orang lain yang kamu ajak bicara juga kehilangan kepercayaan padamu.

Mengucapkan kalimat yang mengkritik diri sendiri ini akan menghancurkan kredibilitasmu. Alih-alih mengatakannya seperti itu, kamu bisa mencoba berkata, “Sekarang saya masih kekurangan data, tetapi nanti saya akan mencari informasi yang lebih lengkap dan mengabari Anda.”.

  1. Saya akan Mencoba Mengerjakannya!”

Kata “mencoba” akan membuat keseluruhan kalimat terkesan tentatif dan menunjukkan bahwa kamu kurang percaya diri pada kemampuanmu untuk menyelesaikan suatu tugas. Kamu seharusnya memahami kemampuanmu sendiri.

Jika kamu diminta melakukan sesuatu, putuskan apakah kamu akan berkomitmen untuk mengerjakannya atau menawarkan alternatif lain. Mengatakan bahwa kamu akan mencoba menunjukkan bahwa sejak awal, kamu tidak akan berusaha keras agar tugas itu selesai dengan baik.


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Hi therе, i read your blog occasionally and i own a simіlar one and
    i waѕ just cuгіous if you get a lot of spam remarks?
    If so how Ԁo you stop it, any pⅼսgin or anything yoս can advise?
    I get so mᥙch lately it’s driving me mad so any
    assistance is very much appreciated.