oleh

4 Tanda Kecerdasan Emosional

ALORPINTAR.COM – Jadikan bahan refleksi ya!
Sempatkan membaca tulisan ini secara utuh.โœ๐Ÿปโœ๐Ÿป

Karena kesuksesan yang terbaik adalah melibatkan perubahan diri yang lebih baik.
Bukan hanya perubahan cara berpikir tetapi cara berperilaku, dan cara menata hati / emosi kita. Melalui kecerdasan emosional seperti ini, kita akan menjadi orang sukses yang benar-benar membawa manfaat bagi orang banyak.


Setiap manusia diberikan kecerdasan yang berbeda-beda, kecerdasan tidak hanya menyangkut dengan intelektual, ada beberapa hal lain yang menyebabkan kamu mempunyai kecerdasan, salah satunya cerdas secara emosional.

Kecerdasan Emosional atau EQ (Emotional Quotion), yaitu kemampuan mengelola serta mengidentifikasi perasaan emosional yang ada pada diri kita sendiri, dan lingkungan sekitar. Simpelnya, orang yang bisa memahami serta mengontrol perasaan dirinya sendiri dan orang lain.

Adapun ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan emosional, diantaranya sebagai berikut.

1. Self Awareness yang Baik
Terciptanya self awareness (kesadaran diri) diawali dengan kecerdasan emosional yang baik.
Orang yang memiliki self awareness yang baik, dia akan mampu mengenali serta memahami emosi yang dirasakan, emosi bukan hanya tentang marah, melainkan perasaan seperti Bahagia, tenang, takut, cemas, sedih, dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan bentuk emosi.

Selain itu, dia mampu menerima diri apa adanya, maksudnya ia menerima hal baik dan hal buruk yang ada pada dirinya. Mereka sadar akan kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya.

Adapun cara agar kamu mempunyai self awareness yang baik, yaitu dengan merenungi nilai-nilai hidup yang kita yakini, amati efek dari emosi yang kita lampiaskan, pahami apa yang menyebabkan timbulnya emosi tersebut.

2. Self Management yang Baik
Self management (manajemen diri) atau disebut dengan menata diri. Orang yang memiliki self management yang baik biasanya mereka mampu mengontrol hal-hal buruk yang ada pada dirinya yang mengakibatkan kerusakan, sebelum melakukan sesuatu mereka selalu berpikir terlebih dahulu bagaimana baiknya.

Selain itu, mereka juga dapat dipercaya karena teguh pendiriannya, dan mampu beradaptasi dengan keragaman.

Cara untuk memiliki self management yang baik, dengan mampu mengendalikan self-talk, maksudnya dengan tidak menghina diri sendiri. Namun, berbicara yang baik terhadap diri kita sendiri, dengan menggunakan kalimat-kalimat positif. Selain itu, dengan banyak tersenyum dan bahagia akan membuat self managementmu semakin baik.

3. Social Awareness yang Baik
Orang yang memiliki social awareness (kesadaran sosial) yang baik, mampu memahami emosi orang yang berhubungan dengan kita, memiliki empati, dan memiliki kesadaran berorganisasi, maksudnya yaitu, mereka orang yang mampu memposisikan diri ketika memimpin, dan ketika sedang dipimpin.

Selain itu, orang yang memiliki social awareness yang baik, biasanya mereka cakap dalam melayani, serta menjadi pendengar yang baik.

Agar kamu memiliki social awareness yang baik, kamu harus terbiasa dengan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), kemudian dengan meningkatkan kemampuan membaca isyarat-isyarat emosi dari orang lain, kita bisa melihatnya dari intonasi suara, ekspresi wajah, gesture tubuh, dan lain sebagainya. Apakah orang tersebut sedang dalam keadaan sedih, atau bahagia.

4. Relationship Management yang Baik
Ciri-ciri dari orang yang relationship managementnya baik, mereka mampu menjalin hubungan dengan baik dengan perorangan maupun kelompok, serta memiliki kemampuan menemukan dasar yang sama dan membangun kebersamaan. Selain itu, biasanya mereka terbiasa dengan persuasif, artinya saling memberikan pengaruh positif dengan cara yang baik, dan mereka memiliki dedikasi yang tinggi.

Strategi untuk meningkatkan relationship management, dimulai dari sikap jujur, selain itu dapat menerima kritik, mengakui dan mampu memperbaiki kesalahan, menghargai momen-momen bersama, dan tidak pelit.

โ€œMengembangkan kecerdasan emosional yang lebih kuat adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi orang tua dan pemimpin di semua tingkatan organisasiโ€.
-Stephen R. Covey


Ayo berbenah diri!
Selalu perbaiki aspek kecerdasan emosi kita ya.
Selalulah berpatokan pada self-management yang baik pada diri kita.

Beruntunglah jika kita bertemu dengan orang yang memiliki kecerdasan emosi yang baik.

Selalulah dekat dengan beliau, dan dapatkan vibrasi positif, yang hangat, memberi kenyamanan, dan memberdayakan diri kita.

Terima kasih buat bapak Mutoyo yang sudah sangat berbaik hati sharing tulisan di atas.
Saya hanya membantu menyunting dan menambahi beberapa bagian agar membantu kita semua berbenah diri ke arah yang lebih baik.

Salam sukses dan Bahagia selalu๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป

Coach Victor

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *